Senin, 20 September 2010

0 Melty Blood Act Cadenza Ver B {PC GAME}

Date: Senin, 20 September 2010 11.06
Category:
Author: Friziyant
Share:
Responds: 0 Comment



sebenarnya, saya sempat kepikiran sebelum menuliskan post ini. tentu saja, tak lain dan tak bukan adalah sebuah pertanyaan sederhana.

…ada yang pernah mendengar tentang Melty Blood?

oke, mungkin ada beberapa… yang sangat sedikit, sepertinya. bukan hal yang aneh juga sih, berhubung game ini memang bisa dibilang nyaris tidak kedengaran gaungnya di luar Jepang sebagai negara asalnya.

…apa, game? Melty Blood, bukannya judul serial manga?



ya sudah, cukup basa-basinya. kali ini, saya akan menuliskan mengenai sebuah game dengan genre 2D fighting yang merupakan hasil kolaborasi antara TYPE-MOON dan EcoleSoft ini. tak lain dan tak bukan, Melty Blood: Act Cadenza. atau secara spesifik, Melty Blood: Act Cadenza ver. B, yang dirilis dalam versi PC setelah sebelumnya dirilis untuk arcade dan PS2.

oke, sebelum bicara tentang game-nya sendiri, ada baiknya untuk sedikit me-review mengenai karya terkait yang juga dirilis oleh TYPE-MOON, yaitu Tsukihime. karya berupa visual novel[2] yang dirilis pada tahun 2000 ini kemudian dikenal luas, dan diadaptasi untuk serial anime dan manga dengan judul Lunar Legend Tsukihime.

nah, kira-kira dua tahun setelah rilis Tsukihime, Melty Blood dirilis. Melty Blood sendiri adalah sebuah game 2D fighting yang dirancang sebagai sebuah spin-off dari Tsukihime; karakter yang ada diangkat dari Tsukihime (dengan beberapa tambahan karakter baru), namun dengan pengembangan cerita yang berlatar sekitar satu tahun dari akhir cerita sebelumnya.

…jadi? yah, secara sederhana, bisa dianggap bahwa Melty Blood adalah sebuah game yang merupakan spin-off dari Tsukihime. nah, Act Cadenza adalah rilis terbaru dari Melty Blood, yang dirilis pada Juli 2007 lalu untuk versi PC.




jadi, kali ini saya akan menuliskan mengenai Melty Blood: Act Cadenza. dan saya masih maklum kalau banyak di antara anda pembaca merasa sama sekali asing dengan judul ini.

game ini adalah sebuah game dengan genre 2D fighting. dengan demikian, pertaruhan bagi developer terletak pada dua bagian: (1) artwork, dan (2) game system. hal ini cukup jelas: artwork memegang peranan utama, terutama sprite dan desain karakter. iyalah, soalnya ke manapun anda melihat dalam game 2D fighting, semuanya terkait dengan artwork. tidak ada model 3D apalagi polygon di sini, pembaca. :mrgreen:

di tempat berikutnya? tentu saja game system, dengan peranan yang hampir setara dengan artwork. hal ini juga cukup jelas untuk sebuah game 2D fighting, dan bisa dibilang konsep ini berlaku umum. hal ini biasanya menyangkut attack gauge, cancelling, dan sebagainya. bisa dibilang, bagian ini adalah ‘nyawa’ dari game 2D fighting.



sejujurnya, game ini memiliki kekuatan dari desain karakter yang bisa dibilang di atas rata-rata. masing-masing karakter didesain dengan artwork yang lumayan, dengan implementasi dalam engine bisa dibilang cukup enak dilihat walaupun tidak sampai benar-benar istimewa. pucca_love_12contohnya? misalnya ketika karakter mengeluarkan Arc Drive atau serangan Kyou… bisa diperhatikan implementasi artwork ke dalam engine mengalir dengan cukup mulus.

{Download 445MB}

Artikel Terkait :



Posting Komentar